Emergency Help! +62 811 866869
Advanced
Search
  1. Home
  2. Tips Bagaimana Orangtua Memanfaatkan Teknologi dalam Keluarga

Tips Bagaimana Orangtua Memanfaatkan Teknologi dalam Keluarga

  • September 5, 2019
  • 0 Likes
  • 32 Views
  • 0 Comments

Ada sebuah insiden yang viral di media ketika seorang ibu dituntut oleh ibu yang lain hanya karena sebuah status facebook. Ada juga kasus seorang kepala sekolah diadili karena melakukan chat dengan seseorang karena chat sang kepala sekolah menjurus ke hal-hal yang tidak etis atau mesum.

Kasus di atas terjadi karena adanya ketidakbijakan kita dalam penggunaan teknologi. Ada banyak lagi contoh misuse, miskomunikasi atau kesalahpahaman di antara kita dalam hubungan sosial, baik dengan masyarakat maupun dengan anggota keluarga sendiri. Bila itu terjadi, kita akan saling menyalahkan satu sama lain.

Kehadiran teknologi sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Pertanyaannya, apakah kita bisa memanfaatkan teknologi dengan bijak dan tepat?

Teknologi dan Manfaatnya

Memang kehadiran teknologi dapat membawa dampak buruk, seperti sexting, pencurian identitas, atau munculnya predator ke dalam kehidupan kita. Namun, dengan teknologi, kita dapat mengelola jadwal, menyederhanakan pekerjaan dan bisnis rumahan, mengoordinasikan kegiatan, dan banyak lagi.

Pada akhirnya, teknologi menawarkan kepada kita dan keluarga beragam sarana untuk mencegah kesalahan seperti yang terjadi pada kasus di atas.

Berikut adalah cara bagaiamana kita, orang tua, dapat menggunakan teknologi secara positif:

● Menyusun kalender online membantu mengkordinasikan jadwal yang dapat diakses melalui berbagai perangkat. Kalender Google adalah yang terbaik untuk dicoba.

● Ponsel memungkinkan keluarga untuk mengirim pesan teks tentang kegiatan, keadaan, dan bahkan daftar belanjaan. Anda tentu ingat betapa sulitnya mengatur jadwal tanpa ponsel!

● Guru dapat menggunakan situs web atau aplikasi kelas untuk membuat orang tua mendapat informasi terbaru tentang sekolah dan anaknya.

● Orang tua yang sibuk dapat membayar tagihan dan bank secara online. Anda dapat dengan mudah membayar tagihan listrik pada pukul 11:30 sambil menonton TV, misalnya.

● Dokter sekarang menerima Skype, vicall atau menggunakan layanan chat dengan orang tua atau pasien. Ini tentu sangat membantu pasien menghemat biaya perjalanan ke ruang tunggu praktek dokter atau klinik.

● Kita bisa sangat mudah mengetahui cuaca dan prediksi cuaca pada situasi kapan saja kita perlu. Hal ini membantu kita menyusun rencana dengan baik untuk mengadakan perjalanan dan sejenisnya.

● Memonitor aktivitas internet seorang anak dengan sebuah aplikasi. Orang tua sekarang dapat  melibatkan diri dalam kegiatan internet anak , berkirim pesan, atau mengirim pesan secara online.

● Mendapatkan bantuan pekerjaan rumah atau menemukan jawaban untuk pertanyaan sulit seperti “apa yang terjadi pada atom ketika Anda memotong kertas atau kain?” dengan mengGoogling atau mencari situs online.

● Membersihkan raung keluarga, memesan makanan, barang, tiket, atau apa saja yang kita butuhkan melalui aplikasi. Bahkan sekarang kita tidak perlu pergi ke gedung bioskop untuk menonton film favorit kita. Ada Youtube atau website sejenis yang memanjakan kita untuk itu.

● Kita lupa membuat scrapbook dengan gunting kertas dan kerajinan. Gunakan saja situs foto online seperti instagram untuk menyimpan, mencetak, dan membuat buku foto.

Gunakan Teknologi untuk Hal-Hal Penting

Di era internet ini, keluarga dan kita sering ditarik ke arah yang berbeda atau beroposisi hanya karena sebuah status sosial media atau berita online. Oleh karena itu, penting bagi kita, orang tua, untuk mencari cara untuk memperkaya ikatan dan hubungan antar anggota keluarga dan masyarakat.

Saat kita sedang berkumpul, makan malam bersama keluarga atau menikmati kopi di cafe, sebaiknya ada aturan yang tidak tertulis bahwa kita harus lebih mementingkan interaksi real, tidak boleh membuka atau fokus pada gadget. Dengan demikian, tekonlogi tidak merusak hubungan komunikasi real keluarga.

Teenage Family Eating Lunch Together In Kitchen

Teknologi memiliki kemampuan untuk mengurangi stres akibat hal di atas dengan syarat kita menggunakannya dengan bijak, fokus pada hal-hal yang penting saja. Bila kita bijaksana dalam menggunakan teknologi, kita tidak perlu dan tugas-tugas yang menghabiskan waktu yang mencuri momen berharga jauh dari keluarga.

Kita harus ingat, kesalahpahaman yang diakibatkan karena salah menggunakan teknologi dapat menggiring kita berurusan dengan hukum.

Leave Your Comment