Emergency Help! +62 811 866869
Advanced
Search
  1. Home
  2. Tahukah Anda? Metode PRT Sangat Efektif untuk Melatih Kemampuan Bicara Anak Autis

Tahukah Anda? Metode PRT Sangat Efektif untuk Melatih Kemampuan Bicara Anak Autis

  • August 19, 2019
  • 0 Likes
  • 62 Views
  • 0 Comments

Membesarkan anak dengan autisme bisa datang dengan banyak kesenangan dan kemenangan, tetapi ada juga banyak tantangan. Bagi banyak orang tua, salah satu tantangan terbesar adalah belajar bagaimana berkomunikasi dengan anak mereka.

“Antara 25 dan 40 persen anak-anak dengan autisme adalah nonverbal, tergantung pada statistik siapa yang Anda dengarkan,” kata ahli patologi bahasa-bahasa, Susan Berkowitz kepada Healthline.

Selain itu, ia menjelaskan, autisme sebagian besar adalah gangguan bahasa, selalu menghadirkan setidaknya beberapa kesulitan komunikasi.

“Banyak anak memiliki beberapa keterampilan verbal, tetapi tidak selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan komunikasi mereka. Itu bisa sulit, mengecilkan hati, dan menurunkan moral bagi orang tua, terutama ibu, jika mereka adalah pengasuh utama, ”katanya.

Juru bicara American Academy of Pediatrics (AAP) dan dokter anak pengembangan saraf Dr. Lisa Shulman mengatakan kepada Healthline bahwa “kurangnya pertukaran timbal balik antara orang tua dan anak dengan ASD dapat memiliki dampak yang signifikan pada ikatan, terutama dalam situasi dengan keterbatasan komunikasi ekstrim pada anak. . ”

Dia memberikan contoh perasaan yang dijelaskan orang tua saat menyaksikan senyum pertama bayi mereka, atau mendengar kata-kata pertama mereka.

“Orang tua sering mengatakan bahwa akhirnya, setelah banyak malam tanpa tidur, mereka memiliki bukti nyata bahwa bayi mereka benar-benar makhluk sosial, merespons mereka sebagai individu. Pengakuan itu sering tampaknya memperkuat hubungan, membawanya ke tingkat baru, timbal balik, ”kata Shulman.

Ketika timbal balik itu tidak ada di sana, hal itu dapat menyebabkan ketegangan pada ikatan dan stres bagi orangtua. Jadi, mencari pilihan pengobatan terbaik menjadi penting bagi orang tua dan anak.

Terapi mana yang paling efektif?

Penelitian baru menunjukkan terapi yang bisa menjadi yang terbaik untuk membantu anak-anak dengan gangguan spektrum autisme (ASD) meningkatkan kemampuan bahasa mereka.

Penelitian yang dipimpin oleh Grace Gengoux, PhD, profesor asosiasi psikiatri dan ilmu perilaku di Stanford University, mengamati 48 anak-anak antara usia 2 dan 5 tahun, yang semuanya memiliki diagnosis autisme dan mengalami keterlambatan bahasa yang serius. .

Anak-anak ini dibagi menjadi dua kelompok. Setengah menerima perawatan respons penting (PRT). Setengah lainnya melanjutkan dengan perawatan apa pun yang telah mereka terima sebelum dimulainya penelitian.

Pada akhir penelitian, anak-anak dalam kelompok PRT berbicara lebih banyak daripada peserta studi lainnya. Kata-kata yang mereka gunakan lebih dikenal oleh orang lain juga.

Apa itu PRT?

PRT melibatkan mengandalkan motivasi anak sendiri untuk membuat mereka berbicara.

Misalnya, jika seorang anak tampaknya mengekspresikan minat pada mainan di tanah, terapis akan mengambil mainan itu dan menggunakan namanya untuk mendorong anak itu mengulangi nama tersebut. Ketika anak melakukannya, mereka diberi hadiah saat diberi objek.

Untuk keperluan penelitian ini, peserta menjalani 10 jam terapi mingguan selama 12 minggu pertama. Orang tua menerima satu jam pelatihan setiap minggu tentang cara memanfaatkan terapi di rumah juga.

Selama 12 minggu kedua, anak-anak menerima lima jam terapi mingguan. Orang tua melanjutkan dengan sesi pengajaran bulanan.

Jenis terapi yang dipimpin anak ini penting, menurut Gengoux, karena, “Ketika orang dewasa memilih tujuan terapi dan mengarahkan permainan anak, anak tersebut mungkin menolak atau menunjukkan perilaku yang mengganggu untuk menghindari tuntutan.”

Gengoux menjelaskan bahwa menggunakan minat anak dalam terapi membantu memastikan anak tetap termotivasi saat belajar.

“Ketika anak-anak belajar untuk berkomunikasi tentang hal-hal yang mereka sukai, mereka lebih cenderung menggunakan keterampilan komunikasi yang sama secara spontan di luar konteks perawatan,” kata Gengoux.

Motivasi dan Penanganan Awal menjadi kunci untuk efektivitas PRT

“Tanggapan penting telah ada untuk sementara waktu, meskipun saya tidak yakin terlalu banyak SLP [ahli patologi bahasa] cukup terlatih di dalamnya. Tetapi prinsip menggunakan minat anak adalah sama di sejumlah filosofi dan strategi, “kata Berkowitz.

Shulman, yang berspesialisasi dalam mendiagnosis dan merawat anak-anak dengan autisme, menambahkan bahwa selain jenis terapi yang digunakan, intervensi awal juga penting.

“Ada bukti kuat untuk plastisitas otak pada anak kecil, memberi kita periode kritis untuk melakukan perubahan yang berarti. Ada, juga, nilai praktis untuk masuk ke sana dengan strategi adaptif sebelum rutinitas maladaptif tertanam, ”katanya.

Dari sana, dia setuju bahwa PRT mungkin menjadi cara terbaik untuk membantu anak-anak muda dengan autisme meningkatkan keterampilan komunikasi mereka.

“Motivasi adalah kunci untuk mencapai hasil terbaik dalam intervensi,” katanya.

Memberikan contoh seorang anak yang mencintai semangka, ia menambahkan, “Jika menawarkan semangka, ia akan membawa usaha dan keterampilan terbaiknya ke dalam skenario yang memperkuat itu. Kemungkinan lebih daripada jika ia ditawari kecambah Brussels. Buat dia bekerja untuk itu ketika dia termotivasi, dan terus melakukannya dalam situasi yang memperkuat secara alami. ”

Apa yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan perkembangan bicara anak

Untuk orang tua yang peduli dengan perkembangan bicara anak mereka, Gengoux berkata, “Adalah masuk akal untuk berkonsultasi dengan profesional yang berpengalaman (dokter anak perkembangan, psikolog, ahli patologi bahasa-bicara) atau untuk meminta evaluasi formal.”

Dia menjelaskan bahwa sebagian besar negara bagian memiliki program intervensi dini untuk anak-anak dengan keterlambatan perkembangan. Banyak rencana asuransi akan mencakup terapi perilaku yang diperlukan secara medis.

Juga, banyak distrik sekolah akan memberikan terapi wicara bila diperlukan.

Tapi apa yang bisa dilakukan orang tua di rumah?

“Mendorong seorang anak untuk berbicara tentang barang-barang dan kegiatan-kegiatan yang secara alami diminati anak di seluruh lingkungan alami mereka dapat membantu anak belajar keterampilan bahasa lebih cepat,” kata Gengoux.

Namun, mewujudkan itu tidak harus menakutkan atau membuat stres.

“Ketika komunikasi anak selama rutinitas alam didorong dan dihargai, perkembangan sosial mereka juga meningkat. Terapi yang efektif juga bisa menyenangkan dan melibatkan seluruh keluarga, ”kata Gengoux.

Leave Your Comment