Emergency Help! +62 811 866869
Advanced
Search
  1. Home
  2. Perlunya Mengetahui Perbedaan IELTS, TOEFL, TOEIC dan PTE

Perlunya Mengetahui Perbedaan IELTS, TOEFL, TOEIC dan PTE

  • March 8, 2020
  • 0 Likes
  • 146 Views
  • 0 Comments

Apakah Anda sedang mempersiapkan ujian bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL? Mengetahui jenis test dan mempersiapkan diri sebelum mengambil test sangat penting, terutama bila Anda harus memenuhi minimum score yang disyaratkan oleh universitas atau lembaga yang Anda tuju.

Saat ini score IELTS, TOEFL, TOEIC atau PTE yang memadai telah menjadi syarat utama untuk kuliah atau sekolah ke luar negeri atau untuk tujuan karir atau promosi jabatan. Negara, universitas, dan perusahaan berbahasa Inggris menggunakannya untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris pelamar yang bukan penutur asli bahasa Inggris.

IELTS, TOEFL iBT dan PTE menguji empat keterampilan bahasa (listening, reading, writing dan speaking), sementara TOEFL pBT dan TOEIC menguji area listening, grammar dan reading.

Karena masing-masing test memiliki perbedaan besar dan mendasar, maka penting untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengambil test resmi (official test).

Apa itu IELTS

IELTS (International English Language Testing System) dikelola bersama oleh empat organisasi: British Council, IDP, IELTS Australia dan Cambridge English Language Assessment. Sertifikat IELTS diterima bukan saja oleh universitas dan perusahaan tetapi juga oleh departemen imigrasi di beberapa negara.

Ada dua jenis test IELTS: Academic Test, untuk tujuan sekolah atau kuliah; dan General IELTS untuk tujuan migrasi atau bekerja di luar negeri.

Apa itu TOEFL

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Ia merupakan test proficiency yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. Saat ini ada dua jenis test TOEFL yang valid, yaitu TOEFL pBT (paper-based) dan TOEFL iBT (internet-based)

Untuk TOEFL pBT (paper-based test), Anda bisa mengambil International TOEFL test, Institutional TOEFL test, dan TOEFL Like-Test. Perbedaannya adalah International TOEFL adalah test official dari lembaga TOEFL yaitu ETS dan soalnya selalu baru dalam setiap pelaksanaan tes. Sedangkan soal institutional test dan TOEFL Like-test adalah test yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga kursus yang tidak berafiliasi dengan ETS. Soal yang ditestkan bersumber dari soal-soal beberapa tahun sebelumnya dari International TOEFL test.

Apa itu TOEIC

TOEIC singkatan dari Test of English for International Communication. TOEIC merupakan tes international bahasa Inggris. TOEIC terdiri dari 2 bagian: Listening Comprehension and Reading Comprehension.

Tes TOEIC mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang terutama menyangkut tata bahasa (grammar) maupun kosa kata (vocabulary) yang lazim digunakan dalam dunia bisnis international.

TOEIC biasanya digunakan oleh perusahaan multinasional, agen agen pemerintah, dan organisasi International. TOEIC digunakan untuk memastikan kemampuan bahasa Inggris para pegawainya ataupun calon pegawainya.

Apa itu PTE

PTE (Pearson Test of English) atau PTE Academic adalah tes Bahasa Inggris yang dirancang untuk menilai kesiapan non-native speaker untuk kuliah di Universitas luar negeri. Test PTE berbasis komputer dan fokus pada penggunaan Bahasa Inggris secara autentik di lingkungan akademis. Anda akan diuji kemampuan dalam mendengarkan berbagai aksen dan bahasa akademik yang akan Anda hadapi di insititusi pendidikan tinggi di luar negeri.

Untuk info Class Preparation test-test tersebut di atas, silahkan hubungi ESC (English Solution Center)

Sponsored post

Leave Your Comment