Emergency Help! +62 811 866869
Advanced
Search
  1. Home
  2. Mengenali Jenis Mainan yang Cocok untuk Anak Autis

Mengenali Jenis Mainan yang Cocok untuk Anak Autis

  • July 21, 2020
  • 1 Like
  • 99 Views
  • 0 Comments

Membesarkan anak dengan autisme tentunya bukanlah perkara yang mudah. Anak dengan autisme membutuhkan metode pendidikan yang tepat agar mereka dapat bereksplorasi dan mengurangi risiko frustasi atau tantrum saat bermain. Hal ini karena mereka kesulitan dalam memusatkan perhatian dan memahami konsep abstrak.

Anak autis juga bisa dibantu di rumah dengan mainan edukatif di rumah. Namun, memilih permainan yang tepat untuk anak-anak dengan autisme tidak bisa sembarangan seperti saat memberikan mainan pada anak-anak pada umumnya.

Berikut ini adalah mainan-mainan yang cocok untuk anak autis:

1. Puzzle

Salah satu permainan yang dianggap ampuh bagi anak dengan autisme adalah puzzle. teknik permainan ini mendorong otak anak untuk berpikir lebih keras, secara tidak langsung nantinya mereka memiliki semangat pantang menyerah saat memecahkan suatu masalah.

2. Balok Susun

Hampir mirip dengan puzzle, permainan lain yang bisa diberikan pada anak autis adalah balok susun. Permainan ini diklaim dapat merangsang pertumbuhan anak, terutama kreativitas, kemampuan berpikir, serta keluwesan dalam bersosialisasi.

Kekurangan puzzle dan balok susun adalah bentuknya yang kecil dan kadang keras, sangat mungkin dimasukan ke mulut dan sakit saat terinjak. Pastikan anak-anak membereskannya usai selesai bermain agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.

3. Menggambar dan Mewarnai

Selanjutnya menggambar dan mewarnai, kedua permainan ini ampuh untuk mengenalkan perbedaan warna pada anak serta melatih kemampuan motorik halusnya. Manfaat lainnya, proses menggambar juga membantu anak untuk mengembangkan imajinas, kreativitas, dan menuangkan suasana hati mereka.

4. Play Dough/Lilin Malam

Play Dough sebetulnya termasuk dalam mainan edukasi yang bermanfaat untuk membantu gerak motorik anak agar berkembang dengan baik serta merangsang imajinasi dan kreativitas mereka.

Selain itu, pilihan warnanya yang beragam dan menarik hati membuat banyak anak-anak menyukai permainan ini. Saat ini, banyak orang membuat lilin mainan ini di rumah sehingga tidak mengandung bahan kimia dan lebih aman bagi anak-anak.

5. Kotak Musik

Mainan untuk membantu perkembangan anak autis berikutnya adalah kotak musik. Melalui kotak musik ia akan belajar untuk mengenal nada dan suara berbagai alat musik.

Tak hanya merangsang pendengarannya, musik juga bisa menenangkan dan menyenangkan. Tidak heran, sejak masa kehamilan bayi sudah diminta untuk diperdengarkan musik, bahkan anak-anak yang dipasangkan musik saat tidur juga konon bisa tidur lebih nyenyak dan lebih pintar.

6. Lego

Mainan Lego bukan hanya disukai anak-anak namun juga orang dewasa. Lego bisa membantu meningkatkan daya konsentrasi anak dan juga melatih koordinasi antara mata dan tangan. Bermain Lego bisa membantu anak-anak mengembangkan kemampuan komunikasi dan sosial mereka.

Bermain Lego akan mengajarkan anak untuk berkreasi dengan membangun suatu bangunan, menyusun bentuk, bahkan kota. Anak autis akan terpancing eksplorasinya dengan menata kota yang ia pikirkan.

 

Nah, sudah tahu kan jenis-jenis mainan yang bisa membantu tumbuh kembang anak-anak dengan kebutuhan khusus? Orang tua tentu memiliki pilihan untuk memilih mainan yang cocok untuk anak-anak autis agar tumbuh kembang mereka bisa lebih optimal. Meskipun demikian, peran aktif orang tua tetap diutamakan agar proses tumbuh kembang mereka bisa lebih terarah dengan baik

 

Leave Your Comment