Emergency Help! +62 811 866869
Advanced
Search
  1. Home
  2. Mengenal K-Link Care Center, Pusat Terapi dan Sekolah Khusus untuk Anak Autis dan ABK

Mengenal K-Link Care Center, Pusat Terapi dan Sekolah Khusus untuk Anak Autis dan ABK

  • December 4, 2019
  • 0 Likes
  • 55 Views
  • 0 Comments

Masyarakat mungkin banyak yang belum mengetahui jika ada K-Link Care Center untuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Memiliki ABK tentunya memerlukan pendampingan yang berbeda dan khusus. Bahkan tidak jarang, penanganan yang khusus ini membutuhkan biaya yang tinggi sehingga banyak orangtua yang tidak dapat menjangkaunya.

Itulah yang melatar belakangi pendirian K-Link Care Center di Legenda Wisata, Cibubur sebagai satu sekolah dan tempat terapi untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Di center ini anak-anak yang menderita celebral palsy, autism & ADHD, dyslexia & down syndrome dan slow learners bisa mendapatkan terapi secara terjangkau.

“K-Link Care Center ini pertama kali berdiri tahun 2013, berinisiatif untuk mengembangkan pusat terapi dan sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang berasal dari keluarga kurang mampu,” ujar Datin Roziyaton, Ketua K-Link Foundation.

Sebagai tempat anak berkebutuhan khusus mendapat pendidikan, K-Link Care tentunya menyediakan tenaga pengajar dan pendamping ahli di bidang terapi dan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus tersebut. Hal ini agar mereka mendapat kesempatan yang sama dengan anak-anak normal lainnya dalam hal mendapatkan pendidikan dan pelatihan.

K-Link Care Center fokus pada pengembangan kemandirian individu anak berkebutuhan khusus untuk mengatur diri sendiri dan untuk melatih keterampilan. Sehingga dalam kesehariannya materi-materi yang diberikan diseusaikan dengan tahap perkembangan dan minat anak, seperti menari, menyanyi, berkebun, berenang, kelas komputer dan lainnya.

“Walau disini banyak anak-anak berkebutuhan khusus dari kalangan tidak mampu, tapi bukan berarti kita buat secara asal-asalan. Tapi juga harus berkualitas,” ujar Datin.

Hingga saat ini di K-Link Care Center terdapat 17 anak yang bernaung. Tidak hanya anak, para orang tua juga diberikan pemahaman dan pelatihan dalam menjaga buah hati mereka.

“Tidak hanya anaknya, orang tua juga kita berikan pelatihan,” kata dia.

Ke depannya K-Link Care Center akan mendirikan sekolah di kawasan Sentul agar lebih banyak lagi masyarakat yang dapat menerima manfaat. Sekolah akan lengkap dengan fasilitas pendidikan dan keterampilan, dengan sarana penunjang yang baik, memadai, lengkap dan sekaligus dapat menjadi tempat terapi untuk anak berkebutuhan khusus.

“Pembangunan sekolah ditujukan agar K-Care Center dapat menjangkau dan menampung lebih banyak lagi siswa didik anak-anak berkebutuhan khusus dari keluarga kurang mampu,” ujar dia.

Sumber: Republika

Leave Your Comment