Emergency Help! +62 811 866869
Advanced
Search
  1. Home
  2. Cepat Lakukan Terapi bila Anak Terdeteksi Autis

Cepat Lakukan Terapi bila Anak Terdeteksi Autis

  • July 15, 2019
  • 0 Likes
  • 30 Views
  • 0 Comments

Tak mudah menghadapi kenyataan si kecil ternyata didiagnosis mengalami gangguan perkembangan perilaku atau autisme. Namun, semakin dini anak didiagnosis dan mendapat terapi, makin besar pengaruhnya pada perkembangan perilaku anak.

Menurut dr Eva Suryani, Sp.KJ dari RS Siloam Karawaci Tangerang, sebaiknya orangtua segera membawa anak berkonsultasi ke dokter kejiwaan saat mengetahui anak mereka didiagnosis autsime. Eva tak menampik bahwa di Indonesia masih ada stigma pada orang yang berobat ke psikiater, sehingga siapa pun yang berobat akan dicap ‘gila’.

Menurutnya, banyak pasiennya yang merupakan rujukan dari dokter anak. “Ada yang dari bagian anak atau bagian neurologi karena anak ini punya gangguan dalam bahasa, interaksi sosial, ” kata Eva dalam sebuah acara diskusi.

Eva menganjurkan agar para orangtua tak ragu membawa ke psikiatri atau dokter kejiwaan bila sudah mengetahui tanda-tanda autisme pada anak. Terkadang, anak autisme juga memiliki gangguan medis lain selain keterlambatan tumbuh kembangnya. Adapun tanda-tanda autisme seperti kesulitan berbahasa, interaksi sosial, hingga melakukan gerakan berulang. Anak juga kesulitan melakukan interaksi sosial seperti mata tak fokus saat diajak bicara.

Terapi yang dibutuhkan anak harus dimulai sedini mungkin. Misalnya saja terapi wicara jika anak belum bisa mengucapkan kata-kata yang berarti di usia dua tahun, atau terapi perilaku agar perilakunya lebih sesuai dengan lingkungan.

Eva menuturkan, orangtua bisa mengoptimalkan kemampuan anak autisme. Ada beberapa kemampuan menonjol yang dimiliki anak autisme, seperti bidang kesenian hingga mampu memecahkan teka-teki atau sandi. “Kelebihan ini yang harus dioptimalkan,” ujarnya.

Sumber: Kompas.com dengan judul “Lakukan Terapi Sedini Mungkin Setelah Anak Didiagnosis Autisme“,
Penulis : Kahfi Dirga Cahya

Leave Your Comment