Emergency Help! +62 811 866869
Advanced
Search
  1. Home
  2. Cara Orangtua Jepang Mendidik Anak Hebat

Cara Orangtua Jepang Mendidik Anak Hebat

  • August 23, 2019
  • 0 Likes
  • 69 Views
  • 0 Comments

Wanita tradisional di Jepang dikenal sangat terobsesi menjadi ibu rumah tangga yang baik, atau istilahnya Ryousai Kenbo, yakni mendedikasikan seluruh waktunya untuk mengurus keluarga, terutama mendidik anak-anak mereka. Wanita Jepang pada umumnya menganggap mengasuh anak itu ibarat merawat tanaman yang membutuhkan pemeliharaan secara hati-hati, agar dapat tumbuh dengan baik.

Di kalangan tertentu, umumnya pada wanita yang berperdidikan tinggi, juga dikenal istilah kyoiku mama atau ibu pendidikan. Istilah ini merujuk pada kaum ibu yang terlalu bersemangat menggenjot potensi anak. Para ibu yang ambisius. Para ibu ini mendedikasikan hidupnya bagi tumbuh kembang anak.

Berikut ini beberapa cara mengasuh anak yang diterapkan para ibu di jepang agar anaknya menjadi orang yang hebat.

Anak tergantung pada orang tua

Orang tua Jepang menganggap membesarkan anak merupakan tugas pokok diatas segala-galanya. Orang tua di Jepang menangani mereka dalam berbagai hal, tidak pernah melepaskan tanggung jawab untuk anak, bahkan ke masa remaja.

Dalam menentukan pendidikan, hobi, dan bahkan jalur karir, anak-anak di Jepang sangat tergantung pada ibunya. Anak-anak Jepang  dikenal rajin, taat dan mengandalkan bimbingan serta arahan orang tua mereka.

Pengasuhan keintiman

Sejak usia dini, ibu Jepang membangun kedekatan dengan bayi mereka dan terus memperkuat koneksi sepanjang masa. Menurut Kansas Association for Infant & and Early Childhood Mental Health , hal itu bertujuan agar ibu dan anak berbagi mentalitas yang sama.

Membangun kedekatan ini lebih baik untuk pemodelan, negosiasi dan teknik disiplin ketika membesarkan anak-anak dengan nilai-nilai sosial dan moral di Jepang. Kedekatan dengan anak sejak dini lebih cenderung mereka tanamkan pada anak-anak daripada hukuman atau metode lainnya.

Membiasakan berkumpul dengan keluarga dirumah

Orang tua di Jepang lebih sering menghabiskan sebagian waktu di rumah dengan anak-anak mereka dan hati-hati dalam merencanakan sesuatu serta memantau komunikasi, gizi, pendidikan, kegiatan rekreasi anak dan bahkan gaya fashion.

Tak hanya ibunya, anak-anak di Jepang juga  cenderung sering di rumah untuk sebagian besar hari dan diajarkan untuk sering berkomunikasi, jujur dan eksklusif dengan ibu mereka.

Pengasuhan rasional

Pengasuhan rasional adalah teknik membesarkan anak yang  mengintegrasikan pendekatan pengasuhan di luar dan praktek dari berbagai sumber. Dalam pengasuhan rasional ini, orang tua sering berkonsultasi dengan anggota keluarga, teman, profesional dan pendidik ketika membuat keputusan untuk anak-anak mereka.

Sumber: Bulelengkab

Leave Your Comment