Emergency Help! +62 811 866869
Advanced
Search
  1. Home
  2. Berikut Adalah Pedoman Terbaru untuk Perawatan Anak Autis

Berikut Adalah Pedoman Terbaru untuk Perawatan Anak Autis

  • December 24, 2019
  • 0 Likes
  • 50 Views
  • 0 Comments

American Academy of Pediatrics (AAP) mengeluarkan pedoman baru terkait perawatan autisme pada Senin (16/12). Pedoman ini bertujuan untuk membantu dokter dalam mengidentifikasi anak-anak yang berisiko autisme, juga supaya mereka segera mendapatkan perawatan sedini mungkin.

Riset yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics ini menyatakan bahwa selama ini seringkali terjadi keterlambatan diagnosa autisme. Melalui pedoman ini diharapkan para dokter bisa mendeteksi gejala autisme sedini mungkin bahkan ketika masih bayi.

“Manfaat mengidentifikasi anak sedini mungkin adalah mereka kemudian dapat dirujuk untuk mendapatkan perawatan,” kata Dr. Susan Levy, seorang dokter anak di Children’s Hospital of Philadelphia dan salah satu peneliti, dilansir Reuters pada Senin (16/12).

Levy yakin dengan deteksi dini dan perawatan yang lebih awal, penderita autisme bisa ditanggulangi secara lebih optimal. Pada 2007, ketika AAP menerbitkan dua dokumen pedoman terakhirnya, jumlah anak yang didiagnosis autisme di Amerika Serikat telah meningkat. Saat ini, autisme telah menyerang 1 dari 59 anak di AS, naik dari prevalensi 2007 yang hanya 1 dari 155 anak.

Pada saat itu, para ilmuwan telah mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor risiko autisme seperti faktor gen, lalu kondisi medis dan gejala perilaku yang terkait dengan autisme. Serta memiliki bukti terperinci tentang intervensi atau pengobatan mana yang paling berhasil.

“Sementara laporan ini benar-benar berfokus pada mendidik dokter dan penyedia layanan kesehatan lainnya tentang semua opsi dan masalah autisme. Untuk kemudian mendidik mereka dalam membuat rujukan awal,” kata Levy.

Riset ini juga mendorong dokter untuk mengarahkan keluarga dalam mengintervensi anak autis, misalnya dengan mendesak keluarga memenuhi nutrisi anak. Riset ini juga menyoroti pada kebutuhan untuk skrining dan mengobati kondisi lain yang biasanya terjadi pada anak autisme.

Data CDC menyebut di tahun 2018 sebanyak 1 satu 59 di Amerika didiagnosa dengan autisme, rinciannya 1 di antara 37 anak laki-laki. Dan 1 dari 151 anak perempuan.

Anak laki-laki empat kali lebih banyak didiagnosa dengan autisme dibandingkan perempuan. Kebanyakan anak kerap kali baru terdiagnosa dengan autisme di atas usia 4 tahun, sementara autisme harusnya bisa dideteksi sejak usia 2 tahun.

 

Sumber: Republika

Leave Your Comment