Emergency Help! +62 811 866869
Advanced
Search
  1. Home
  2. Apa Saja Peran Seorang Terapis Fisik Untuk Anak Autis?

Apa Saja Peran Seorang Terapis Fisik Untuk Anak Autis?

  • November 28, 2019
  • 0 Likes
  • 47 Views
  • 0 Comments

Anak-anak dengan autisme mengalami kesulitan dengan keterampilan motorik mereka, seperti berlari, melompat, naik tangga dan memegang pensil untuk menulis. Karena mereka tidak memiliki keterampilan motorik, mereka tidak memiliki keterampilan sosial yang baik. Mereka juga mengalami kesulitan melakukan hal-hal sederhana mengancingkan kemejanya, menyikat gigi dan membutuhkan seseorang untuk membantu mereka. Semua kelemahan ini memiliki banyak dampak pada kesejahteraan mereka.

Masalah gerakan sering terjadi pada anak autis. Terapi fisik, melalui aktivitas dan latihan, dapat membantu meningkatkan keterampilan gerakan, kekuatan, postur, dan keseimbangan. Dengan demikian, tujuan terapi fisik untuk autisme adalah membangun kontrol otot sehingga ia dapat bergerak dengan lebih mudah dan juga bermain dengan anak-anak lain. Seorang ahli terapi fisik membantu anak-anak dengan ‘perencanaan motorik’ untuk mengembangkan keterampilan untuk memanjat ayunan dan membuatnya bergerak.

Terapis Fisik

Anak-anak dengan autisme sering mengalami gejala fisik yang dapat diobati dengan terapi fisik. Seorang ahli terapi fisik melibatkan latihan untuk mengobati berbagai kesulitan koordinasi anggota gerak. Mereka dilatih untuk membangun kembali kekuatan otot, mobilitas, dan keterampilan motorik yang hilang. Terapis ini bekerja dengan anak-anak kecil dan orang dewasa untuk mengembangkan keterampilan motorik mereka yang belum berkembang seperti duduk, berdiri, berguling, dan berlari. Kemudian mereka dapat mengerjakan keterampilan seperti melompat-lompat, melempar, dan menangkap yang penting tidak hanya untuk perkembangan fisik tetapi juga untuk melibatkan mereka dalam keterlibatan sosial dan permainan umum.

Terapis fisik bekerja bersama para asistem yang terlatih khusus dan mengajarkan orang tua beberapa teknik untuk membangun keterampilan motorik kasar, kekuatan otot, dan koordinasi.

Dampak Terapi Fisik untuk Anak Autis

Sebelum mendaftarkan seorang anak untuk terapi fisik, terapis fisik akan mengevaluasi tingkat fungsional dan perkembangan anak secara lengkap untuk memastikan kebutuhan sang anak. Lalu para terapis menentukan strategi yang tepat untuk membantu mereka dengan cara-cara berikut:

  • Memperbaiki posisi duduk dan berdiri
  • Meningkatkan kekuatan otot untuk gerakan optimal
  • Meningkatkan kemandirian
  • Meningkatkan kesadaran tubuh
  • Memberikan kontrol tubuh saat bergerak
  • Kemampuan untuk meningkatkan keterampilan motorik
  • Tingkatkan kesadaran akan keselamatan
  • Meningkatkan daya tahan kardiovaskular
  • Memberikan masukan dan perhatian indera yang lebih baik

Ketika latihan terapi berdampak pada tubuh dengan melepaskan endorfin ke dalam tubuh, meningkatkan keseimbangan, koordinasi dan kesehatan secara keseluruhan, latihan ini memiliki dampak positif pada suasana hati anak dengan autisme. Mereka akan mendapatkan manfaat kesehatan baru yang mengarah pada peningkatan kemampuan untuk fokus. Terapi fisik juga mengurangi beberapa masalah perilaku yang terkait dengan gangguan spektrum autisme.

Seiring dengan manfaat fisik, latihan fisik dan latihan telah menunjukkan peningkatan besar dalam pola tidur setelah seharian penuh aktivitas berat.

Relatif mudah untuk menemukan ahli terapi fisik di daerah Anda yang akan membantu dengan informasi mendalam tentang manfaat terapi fisik untuk autisme.

Leave Your Comment