Emergency Help! +62 811 866869
Advanced
Search
  1. Home
  2. Apa Bedanya Autisme Dengan ADHD? Mari Kita Simak

Apa Bedanya Autisme Dengan ADHD? Mari Kita Simak

  • October 12, 2019
  • 0 Likes
  • 89 Views
  • 0 Comments

Tahukah anda? ciri anak pengidap Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dan Autism Spectrum Disorder (ASD) atau autisme terlihat mirip? Meski demikian, keduanya adalah kondisi yang berbeda.

Dijelaskan Mark Bertin, M.D., dokter perilaku perkembangan anak yang juga penulis The Family ADHD Solution, ADHD ditandai oleh hiperaktif, impulsif, dan kurangnya perhatian. ADHD berdampak pada cara otak tumbuh dan berkembang.

“Ini terutama gangguan pengaturan diri dan fungsi eksekutif atau keterampilan yang bertindak sebagai ‘manajer otak’ dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Bertin, dilansir Additudemag.

Sedangkan autisme adalah gangguan perkembangan yang dapat memengaruhi keterampilan berbahasa, perilaku, interaksi sosial, dan kemampuan belajar. Anak-anak dengan autisme tidak secara intuitif memahami beberapa aspek dari dunia sosial. Mereka juga sering menunjukkan perilaku stereotip (berulang atau ritualistik).

“Perkembangan sosial mereka tercermin dalam kemampuan bermain dan komunikasi yang tertunda. Mereka memiliki gejala spesifik, seperti permainan imajinatif terbatas atau kurangnya bahasa tubuh,” kata Bertin.

Kata Bertin, anak-anak dengan ADHD biasanya masih mengerti bahasa tubuh, menanggapi ketika dipanggil, bisa bermain imajinatif, dan berekspresi. Sedangkan anak-anak dengan autisme cenderung tidak bisa melakukan hal tersebut.

“Mereka (anak ADHD) mungkin tidak merespons ketika dipanggil karena masalah perhatian, tetapi mereka terlibat secara sosial dan mengenali nama mereka dan apa artinya,” jelas Bertin.

Selain itu, melansir dari Web MD, anak autis menyukai ketertiban dan pengulangan, tetapi yang mengidap ADHD tidak. Anak dengan autisme mungkin menginginkan jenis makanan yang sama di restoran favorit, atau terlalu terikat pada satu mainan atau baju. Mereka akan marah ketika rutinitasnya berubah. Sebaliknya, anak ADHD tidak suka melakukan hal yang sama untuk waktu yang lama.

Tak hanya itu, kesulitan komunikasi adalah karakteristik autisme. Namun, beberapa anak dengan ADHD juga mengalami kesulitan ini, tetapi biasanya berbeda.

Sementara mengutip Medical News Today, ciri-ciri anak ADHD antara lain bicara terus menerus, tidak memperhatikan bagaimana kata-kata mereka memengaruhi orang lain, atau mengganggu orang lain.

Sedangkan ciri anak autisme yakni kesulitan mengungkapkan emosi dan pikiran mereka, tidak menggunakan gerakan untuk berkomunikasi, sulit melakukan kontak mata, terpaku pada satu topik pembicaraan, tidak bisa menggunakan imajinasi saat bermain, serta tidak menanggapi interaksi sosial.

Leave Your Comment