Emergency Help! +62 811 866869
Advanced
Search
  1. Home
  2. 10 Masalah Perilaku yang Sering Terjadi pada Anak Autis

10 Masalah Perilaku yang Sering Terjadi pada Anak Autis

  • December 9, 2019
  • 0 Likes
  • 173 Views
  • 0 Comments

Masalah perilaku, dan juga gangguan mental kerap terjadi pada anak autis. Frekuensi kondisi ini menuntut layanan dukungan yang tepat untuk anak autis maupun keluarga dengan anak autis. Berikut adalah beberapa masalah yang dihadapi oleh anak autisme perlu penanganan segera untuk meminimalkan efeknya.

Kesulitan Motorik

Kesulitan motorik seperti keseimbangan yang buruk, kekuatan otot yang buruk, dan gaya berjalan yang tidak stabil memengaruhi keterampilan motorik halus dan kasar adalah tanda-tanda autisme. Pada anak-anak dengan spektrum autis, keterampilan motorik yang buruk dikaitkan dengan kesulitan komunikasi sosial.

Stimulasi Sensorik

Masalah sensorik ekstrem, terkait dengan suara, pelukan, dan cahaya redup / terang biasanya terdeteksi pada anak-anak dengan gangguan spektrum autisme. Beberapa anak memberikan reaksi ledakan dan berlebihan terhadap suara keras, sementara yang lain mungkin tidak bereaksi sama sekali. Beberapa terapi seperti terapi seni dan terapi okupasi dapat membantu meminimalkan efek masalah sensorik pada anak autis.

Masalah Komunikasi Verbal

Anak-anak dengan autisme memiliki perkembangan keterampilan bahasa yang kurang. Mereka juga mengalami kesulitan dalam memahami apa yang ingin dikatakan orang lain dan tidak dapat berkomunikasi secara verbal. Beberapa anak memiliki kosakata yang kaya dan dapat berbicara tentang mata pelajaran tertentu yang menarik perhatian mereka untuk waktu yang lama. Terapi wicara dan terapi seni dapat membantu anak-anak untuk menyampaikan keinginan mereka dan untuk meringankan kekurangan komunikasi mereka.

Keterampilan Percakapan Nonverbal yang Buruk

Anak autis tidak dapat menggunakan atau memahami gerakan (seperti menunjuk ke suatu objek). Ketika tidak dapat memahami atau mengungkapkan kebutuhan dan keinginan mereka melalui tindakan atau kata-kata, anak-anak menjadi frustrasi. Mereka menunjukkan frustrasi melalui ledakan vokal atau perilaku yang tidak sesuai.

Pemicu Sosial

Anak-anak dan orang dewasa tidak menunjukkan keinginan untuk berinteraksi dengan orang lain. Membangun keterampilan sosial melalui terapi (tarian, terapi musik) dapat membantu meningkatkan hasil seperti berteman dan menjadi bagian dari komunitas.

Perilaku Berulang

Anak-anak dengan autisme (yang dapat berbicara) berbicara pada subjek yang tidak berhubungan dengan percakapan yang sedang berlangsung. Mereka mungkin mengulangi kata-kata yang sama yang mereka dengar di program televisi atau iklan, beberapa kali. Kondisi ini disebut echolalia. Terapi seni dapat membantu anak-anak dengan perilaku berulang mereka.

Kegelisahan

Ekspresi gugup dan perilaku berulang mewakili kecemasan. Anak-anak dengan autisme mengalami ketegangan yang kuat yang dapat menyebabkan keringat berlebih, ketegangan otot, sakit perut.

Depresi

Lebih dari perasaan sedih, depresi pada anak-anak dengan autisme muncul dalam bentuk kegelisahan dan insomnia. Sulit untuk mendiagnosis depresi pada individu yang tidak mampu menyampaikan perasaan mereka dengan kata-kata atau gerak tubuh. Beberapa alasan yang menyebabkan depresi termasuk perubahan dalam rutinitas tidur, kehilangan nafsu makan dan penurunan minat secara keseluruhan.

Gangguan Belajar

Autisme adalah gangguan perkembangan saraf yang mengganggu cara orang menguraikan jenis informasi tertentu. Ini tidak ada hubungannya dengan kecerdasan tetapi, tergantung pada bagaimana informasi diterima dan diproses oleh otak.

Kurang Perhatian/Fokus

Anak-anak dengan autisme memiliki masalah pemfokusan. Mereka mungkin tidak fokus pada kegiatan yang tidak menarik minat mereka seperti memecahkan teka-teki atau membaca buku. Karena mereka tidak menyukai kegiatan ini, mereka kehilangan minat dan tidak memperhatikannya. Di sisi lain, anak-anak autis dapat tetap asyik mengobrol selama berjam-jam dalam kegiatan yang menarik minat mereka.

 

Sumber: AutismConnect

Leave Your Comment